RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP..............
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/semester : VIII/2 (dua)
Materi Pokok : Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan
untuk melaksanakan fungsi sosial dari teks undangan pribadi dan ucapan selamat (greeting card), sesuai dengan konteks penggunaannya.
Alokasi Waktu : 1 pertemuan (2 JP)
A.KOMPETENSI INTI
KI 1
|
:
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
KI 3
|
:
|
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
|
KI 4
|
:
|
Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori
|
B.Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
|
1.
|
1.1
|
Mensyukuri kesempatan
dapat mempelajari bahasa
Inggris sebagai bahasa
pengantar komunikasi
internasional yang
diwujudkan dalam semangat
belajar.
|
1.1.1 Menulis
learning log yang mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan dapat belajar bahasa Inggris
|
2.
|
2.2
|
Menunjukkan perilaku
jujur,
disiplin, percaya diri,
dan
bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi
transaksional dengan
guru
dan teman.
|
2.2.1 Bertanggung jawab
atas tindakan anggotanya saat menjadi
pemimpin kelompok
2.2.2 Mengakui
ketika membuat kesalahan
|
3.
4.
|
3.4
4.5
|
Menerapkan struktur
teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial dari teks undangan
pribadi dan ucapan selamat (greeting card), sesuai dengan
konteks penggunaannya.
Menyusun teks tulis undangan pribadi dan ucapan selamat (greeting card), sangat pendek dan
sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
3.4.1
Membaca ucapan selamat sederhana berdasarkan
3.4.2 Mengidentifikasi ucapan selamat dalam pola kalimat
3.4.3 Mengidentifikasi
struktur teks
3.4.4 Mengidentifikasi
unsur kebahasaan dalam teks
4.5.1 Membuat
ucapan selamat sederhana secara tertulis dengan memperhatikan stuktur teks,
fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks.
|
C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
1.
Memilih greeting card yang dimaksud dengan tepat
bila disajikan sebuah kalimat sederhana.
2.
Membuat greeting card tentang ucapan selamat
ulang tahun secara tertulis.
3.
Membuat greeting card tentang ucapan tahun baru
secara tertulis.
4.
Membuat greeting card tentang ucapan kelulusan
secara tertulis.
5.
Membuat greeting card tentang ucapan rumah baru secara
tertulis.
D.
Materi Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Fungsi Sosial :
Memberikan informasi tentang penggunaan ucapan selamat (greeting card).
Struktur teks :
·
You are the
best. Congratulations!
·
Happy
birthday!
·
Happy
friendship day!
·
Happy new
year!
·
Congratulations!
Unsur Kebahasaan:
·
Kata terkait
ucapan selamat (happy birthday, happy
graduation, happy new year, etc)
·
Ucapan,
tekanan kata, intonasi, ejaan, tulisan tangan yang rapi.
Topik:
Ucapan selamat (greeting card)
E.
Metode Pembelajaran
Metode Ilmiah
F. Sumber Belajar
1.
English on
Sky 2. Hal: 70 dan 86
G. Media
Pembelajaran
Media: greeting card
H. Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan
pertama
Pendahuluan
(10 menit)
|
|
Tahap
|
Kegiatan
|
Salam
tegur sapa
|
1.
Greeting
2.
Memeriksa kehadiran siswa
3.
Apersepsi dan
motivasi
4.
Penyampaian tujuan pembelajaran
5.
Penyampaian cakupan materi dan uraian kegiatan
|
Kegiatan
Inti (60 menit)
|
|
Mengamati
Menanya
Mengumpulkan data/informasi
Mengasosiasi/ Mengolah informasi
Mengkomunikasi
|
1.
Siswa
mendengarkan/membaca teks greeting card
dari berbagai sumber dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
unsur kebahasaan, maupun format penyampaian/penulisannya.
2.
Siswa
mencoba menirukan pengucapannya dan
menuliskan teks yang digunakan.
3. Siswa belajar membaca cepat untuk mendapat gambaran umum dari teks
melalui proses skimming dan scanning untuk mendapatkan informasi
khusus.
4. Siswa bertanya tentang penggunaan greeting
card dalm kehidupan sehari-hari.
5. Siswa berlatih
membuat greeting card dalam kerja
kelompok
6. Siswa menganalisis greeting crad dengan memperhatikan format penulisannya
melalui strategi yang digunakan.
7. Siswa menyampaikan
pemberitahuan secara tertulis dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks
|
Penutup
(10 menit)
|
|
Kesimpulan
kegiatan
|
1.
Menyimpulkan hal-hal yang
telah dipelajari
2.
Refleksi
3.
Peserta
didik dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
4.
Penugasan: berlatih membuat kalimat
5.
Menyampaikan rencana kegiatan
yang akan datang
6.
Peserta didik dan guru
mengucapkan salam perpisahan
|
H.
Penilaian
1.
Sikap
spiritual
a.
Teknik Penilaian : Tertulis
b.
Bentuk
Instrumen : Learning Journal
c.
Kisi-kisi :
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
1.
|
Menulis learning log tentang kesyukuran
berkesempatan belajar Bahasa Inggris
|
Lampiran 1
|
d.
Instrumen:
lihat Lampiran ...
e.
Rubrik
Penilaian Sikap Spiritual
No
|
Indikator
|
Skor
|
1
|
Menggunakan
8 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
|
5
|
2
|
Menggunakan
6 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
|
4
|
3
|
Menggunakan
4 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
|
3
|
4
|
Menggunakan
4 kata positif tanpa kata “God” dan “Thank”
|
2
|
5
|
Menggunakan
kurang dari 4 kata positif tanpa kata “God” dan “Thank”
|
1
|
f.
Pedoman Penskoran:

Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
|
Nilai Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
2.
Sikap sosial
a. Teknik Penilaian : Penilaian sejawat (antar teman)
b. Bentuk
Instrumen : Lembar Peer Assessment
c. Kisi-kisi :
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir
Instrumen
|
|
Memberikan
penilaian terhadap diri sendiri tentang nilai tanggung jawab
|
Lampiran Penilaian Sikap 1-3
|
d. Instrumen: lihat Lampiran
...
e. Rubrik Penilaian
Sikap Sosial
Keterangan:

= 2
always

= 1

= 0,5
seldom





=
2 + 2 + 2 = Skor 6
Bila mencentang:



= 2 + 2 + 1 = Skor 5, dst.
Bila mencentang:



f.
Pedoman
Penskoran

Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
|
Nilai Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
3.
Pengetahuan
a.
Teknik
Penilaian : Tes Tertulis
b.
Bentuk
Instrumen : Pilihan Ganda
c.
Kisi-kisi :
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
|
Disajikan teks
bergambar tentang greeting card, siswa
dapat menentukan fungsi sosialnya dengan benar.
|
Soal No. 1 dan
2
|
|
Disajikan
sebuah kalimat dengan beberapa kata digarisbawahi, siswa dapat menentukan
kata sifatnya dengan tepat
|
Soal No. 3
|
|
Disajikan
pertanyaan greeting card, siswa
dapat menentukan gambarnya dengan tepat.
|
Soal No. 4
|
|
Disajikan sebuah
kalimat tidak lengkap dan gambar yang relevan, siswa dapat melengkapinya
dengan kata sifat yang tepat.
|
Soal No. 5
|
d.
Instrumen: lihat Lampiran ...
e.
Pedoman penskoran: Setiap
jawaban benar diberi skor 1 (satu)

Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
|
Nilai Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
4.
Keterampilan
a.
Teknik Penilaian : Unjuk Kerja
b.
Bentuk
Instrumen : Tes Keterampilan
Menulis, Membaca dan berbicara
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Keterampilan/Indikator
|
Butir Instrumen
|
Menulis
|
|
|
|
Disajikan sebuah lembar
kosong greeting card,
siswa dapat menuliskan ucapanny dengan akurat, runtut dan berterima.
|
Soal No. 6
|
|
Disajikan sebuah situasi,
siswa dapat menuliskan greeting card dengan akurat, runtut dan berterima.
|
Soal No. 7
|
|
Disajikan sebuah teks sederhana tentang ucapan selamat, siswa
dapat menentukan salah satu gambar yang dideskripsikan dengan tepat.
|
Soal No. 8
|
|
Diperdengarkan sebuah ucapan selamat, siswa
dapat menentukan salah satu gambar yang dideskripsikan dengan tepat.
|
Soal No. 9 dan
10
|
|
Disajikan sebuah
situasi sederhana, siswa dapat membuat dengan lancar, runtut dan berterima.
|
Soal No. A.1
|
|
Disajikan sebuah
situasi sederhana, siswa dapat
Membuat
greeting card dengan lancar, runtut dan berterima.
|
Soal No. A.2
|
|
Siswa dapat mengucapkan selamt ulang tahun secara lisan di depan kelas dengan akurat, lancar dan berterima.
|
Soal No. A.3
|
|
Siswa dapat menuliskan ucapan selamat hari kelulusan dalam bentukgreeeting card sangat sederhana secara akurat, runtut dan
berterima.
|
Soal No. B
|
d.
Instrumen:
lihat Lampiran ...
e.
Rubrik Tes Keterampilan Menulis
(Soal No. 6 dan 7
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
Kesesuaian isi dengan tujuan
penulisan pesan
|
100% isi sesuai
|
5
|
80% isi sesuai
|
4
|
||
60% isi sesuai
|
3
|
||
40% isi sesuai
|
2
|
||
20% isi sesuai
|
1
|
||
2
|
Pilihan kata
|
100% pilihan kata tepat
|
5
|
80% pilihan kata tepat
|
4
|
||
60% pilihan kata tepat
|
3
|
||
40% pilihan kata tepat
|
2
|
||
20% pilihan kata tepat
|
1
|
||
3
|
Penulisan kosa kata
|
100% penulisan kosa kata
tepat
|
5
|
80% penulisan kosa kata tepat
|
4
|
||
60% penulisan kosa kata tepat
|
3
|
||
40% penulisan kosa kata tepat
|
2
|
||
20% penulisan kosa kata tepat
|
1
|
||
4
|
Ketepatan tata bahasa
|
100% penggunaan tata
bahasa tepat
|
5
|
80% penggunaan tata
bahasa tepat
|
4
|
||
60% penggunaan tata
bahasa tepat
|
3
|
||
40% penggunaan tata
bahasa tepat
|
2
|
||
20% penggunaan tata
bahasa tepat
|
1
|
f.
Pedoman Penskoran

Konversi
Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
|
Nilai
Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
g.
Konversi keterampilan membaca dan mendengarkan, soal No. 8 – 10.
Setiap jawaban benar diberi skor 1 (satu)

Konversi
Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
|
Nilai
Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
h.
Rubrik untuk penilaian
keterampilan berbicara Lampiran 4 Part
Three, bagian A.
ASPEK
|
KETERANGAN
|
SKOR
|
Pelafalan
|
·
Sangat jelas sehingga
mudah dipahami
·
Mudah dipahami meskipun
pengaruh bahasa ibu dapat dideteksi
·
Ada masalah pengucapan
sehingga pendengar perlu konsentrasi
penuh
·
Ada masalah pengucapan
yang serius sehingga tidak bisa dipahami
|
4
3
2
1
|
Tatabahasa
|
·
Tidak ada atau sedikit
kesalahan tatabahasa
·
Kadang-kadang ada
kesalahan tetapi tidak mempengaruhi makna
·
Sering membuat
kesalahan sehingga makna sulit dipahami
·
Kesalahan tatabahasa
sangat parah sehingga tidak bisa dipahami
|
4
3
2
1
|
Kosakata
|
·
Menggunakan kosakata
dan ungkapan yang tepat
·
Kadang-kadang
menggunakan kosakata yang kurang tepat sehingga harus menjelaskan lagi
·
Sering menggunakan
kosakata yang tidak tepat
·
Kosakata sangat
terbatas sehingga percakapan tidak mungkin terjadi
|
4
3
2
1
|
Kelancaran
|
·
Sangat lancar.
·
Kelancaran sedikit
terganggu oleh masalah bahasa
·
Sering ragu-ragu dan terhenti
karena keterbatasan bahasa
·
Bicara terputus-putus
dan terhenti sehingga percakapan tidak mungkin terjadi.
|
4
3
2
1
|
i.
Pedoman Penskoran:

Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
|
Nilai Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
j.
Rubrik untuk penilaian keterampilan menulis Lampiran 4 Part Three, bagian B.
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
Kesesuaian isi dengan tujuan
penulisan pesan
|
100% isi sesuai
|
5
|
80% isi sesuai
|
4
|
||
60% isi sesuai
|
3
|
||
40% isi sesuai
|
2
|
||
20% isi sesuai
|
1
|
||
2
|
Pilihan kata
|
100% pilihan kata tepat
|
5
|
80% pilihan kata tepat
|
4
|
||
60% pilihan kata tepat
|
3
|
||
40% pilihan kata tepat
|
2
|
||
20% pilihan kata tepat
|
1
|
||
3
|
Keterpaduan kalimat
|
100% kalimat terpadu dan
runtut
|
5
|
80% kalimat terpadu dan runtut
|
4
|
||
60% kalimat terpadu dan runtut
|
3
|
||
40% kalimat terpadu dan runtut
|
2
|
||
20% kalimat terpadu dan runtut
|
1
|
||
4
|
Penulisan kosa kata
|
100% penulisan kosa kata
tepat
|
5
|
80% penulisan kosa kata tepat
|
4
|
||
60% penulisan kosa kata tepat
|
3
|
||
40% penulisan kosa kata tepat
|
2
|
||
20% penulisan kosa kata tepat
|
1
|
||
5
|
Ketepatan tata bahasa
|
100% penggunaan tata
bahasa tepat
|
5
|
80% penggunaan tata
bahasa tepat
|
4
|
||
60% penggunaan tata
bahasa tepat
|
3
|
||
40% penggunaan tata
bahasa tepat
|
2
|
||
20% penggunaan tata
bahasa tepat
|
1
|
||
6
|
Originalitas penulisan
|
100% tulisan hasil pemikiran
sendiri
|
5
|
80% tulisan hasil
pemikiran sendiri
|
4
|
||
60% tulisan hasil
pemikiran sendiri
|
3
|
||
40% tulisan hasil
pemikiran sendiri
|
2
|
||
20% tulisan hasil
pemikiran sendiri
|
1
|
k.
Pedoman Peskoran:

Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
|
Nilai Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
Kediri, 16 – Mei – 2014
Mengetahui,
Pembimbing Mahasiswa
Dra. DYAH MUSTIKA, M.Pd. ANNI
SAUL KHOIRIYAH
NPM: 11.1.01.08.0023
Tidak ada komentar:
Posting Komentar