Selamat datang!!!! temukan apa yang kalian inginkan di blog ini

Sabtu, 09 Agustus 2014

RPP BAHASA INGGRIS KELAS VIII SEMESTER 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    : SMP..............                                                           
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas/semester           : VIII/2 (dua)
Materi Pokok            : Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial dari teks undangan pribadi dan ucapan selamat (greeting card), sesuai dengan konteks penggunaannya.
Alokasi Waktu          : 1 pertemuan (2 JP)


A.      Kompetensi Inti
KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori









B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
1.1






Mensyukuri  kesempatan 
dapat mempelajari  bahasa 
Inggris  sebagai bahasa 
pengantar  komunikasi
internasional  yang 
diwujudkan  dalam semangat
belajar.
1.1.1    Menulis learning log yang             mengungkapkan rasa             syukur atas kesempatan             dapat belajar bahasa             Inggris
2.
2.2
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, percaya diri, dan
bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi
transaksional dengan guru
dan teman.

2.2.1    Bertanggung jawab atas             tindakan anggotanya saat menjadi pemimpin kelompok

2.2.2    Mengakui ketika             membuat kesalahan

3.














4.
3.4














4.5
Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial dari teks undangan pribadi dan ucapan selamat (greeting card), sesuai dengan konteks penggunaannya.






Menyusun teks tulis undangan pribadi dan ucapan selamat (greeting card), sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
3.4.1    Membaca ucapan selamat sederhana berdasarkan

3.4.2    Mengidentifikasi             ucapan selamat dalam pola             kalimat

3.4.3    Mengidentifikasi             struktur teks

3.4.4    Mengidentifikasi unsur             kebahasaan dalam teks



4.5.1    Membuat ucapan selamat sederhana secara tertulis dengan memperhatikan stuktur teks, fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks.



C.      Tujuan Pembelajaran  

Pertemuan Pertama
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
1.      Memilih greeting card yang dimaksud dengan tepat bila disajikan sebuah kalimat sederhana.
2.      Membuat greeting card tentang ucapan selamat ulang tahun secara tertulis.
3.      Membuat greeting card tentang ucapan tahun baru secara tertulis.
4.      Membuat greeting card tentang ucapan kelulusan secara tertulis.
5.      Membuat greeting card tentang ucapan rumah baru secara tertulis.

D.      Materi Pembelajaran 

Pertemuan Pertama

Fungsi Sosial              :
Memberikan informasi tentang penggunaan ucapan selamat (greeting card).

Struktur teks :
·         You are the best. Congratulations!
·         Happy birthday!
·         Happy friendship day!
·         Happy new year!
·         Congratulations!

Unsur Kebahasaan: 
·         Kata terkait ucapan selamat (happy birthday, happy graduation, happy new year, etc)
·         Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tulisan tangan yang rapi.
Topik:
Ucapan selamat (greeting card)

E.       Metode Pembelajaran

Metode Ilmiah


F.       Sumber Belajar

1.         English on Sky 2. Hal: 70 dan 86

lihat lebih lengkap klik here! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar