RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP..............
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/semester : VIII/2 (dua)
Materi Pokok : Menerapkan struktur teks dan unsur
kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial dari teks undangan pribadi dan ucapan selamat (greeting card), sesuai dengan konteks penggunaannya.
Alokasi Waktu : 1 pertemuan (2 JP)
A.
Kompetensi Inti
KI 1
|
:
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya
|
KI 3
|
:
|
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
KI 4
|
:
|
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
|
1.
|
1.1
|
Mensyukuri kesempatan
dapat
mempelajari bahasa
Inggris sebagai bahasa
pengantar komunikasi
internasional yang
diwujudkan dalam semangat
belajar.
|
1.1.1 Menulis learning log yang mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan dapat belajar bahasa Inggris
|
2.
|
2.2
|
Menunjukkan
perilaku jujur,
disiplin,
percaya diri, dan
bertanggung jawab
dalam
melaksanakan
komunikasi
transaksional
dengan guru
dan teman.
|
2.2.1 Bertanggung jawab atas tindakan anggotanya saat menjadi
pemimpin kelompok
2.2.2 Mengakui
ketika membuat kesalahan
|
3.
4.
|
3.4
4.5
|
Menerapkan
struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial dari teks
undangan pribadi dan ucapan selamat (greeting card), sesuai dengan
konteks penggunaannya.
Menyusun teks tulis undangan pribadi dan ucapan selamat (greeting card), sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
3.4.1
Membaca ucapan selamat sederhana berdasarkan
3.4.2 Mengidentifikasi ucapan selamat dalam pola kalimat
3.4.3 Mengidentifikasi struktur teks
3.4.4 Mengidentifikasi unsur kebahasaan dalam teks
4.5.1 Membuat ucapan selamat sederhana secara
tertulis dengan memperhatikan stuktur teks, fungsi sosial dan unsur
kebahasaan yang benar sesuai konteks.
|
C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Setelah mengikuti serangkaian
kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
1. Memilih greeting card yang dimaksud dengan tepat bila disajikan sebuah
kalimat sederhana.
2.
Membuat
greeting card tentang ucapan selamat
ulang tahun secara tertulis.
3.
Membuat
greeting card tentang ucapan tahun
baru secara tertulis.
4.
Membuat
greeting card tentang ucapan
kelulusan secara tertulis.
5.
Membuat
greeting card tentang ucapan rumah
baru secara tertulis.
D.
Materi Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Fungsi Sosial :
Memberikan informasi tentang penggunaan ucapan
selamat (greeting card).
Struktur teks :
·
You
are the best. Congratulations!
·
Happy
birthday!
·
Happy
friendship day!
·
Happy
new year!
·
Congratulations!
Unsur Kebahasaan:
·
Kata
terkait ucapan selamat (happy birthday,
happy graduation, happy new year, etc)
·
Ucapan,
tekanan kata, intonasi, ejaan, tulisan tangan yang rapi.
Topik:
Ucapan selamat (greeting card)
E.
Metode Pembelajaran
Metode Ilmiah
F. Sumber Belajar
1.
English
on Sky 2. Hal: 70 dan 86
lihat lebih lengkap klik here!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar