Selamat datang!!!! temukan apa yang kalian inginkan di blog ini

Selasa, 05 Agustus 2014

RPP BAHASA INGGRIS KELAS VII - WAKTU



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan    : SMP.........                                                    
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas/semester           : VII/1 (satu)
Materi Pokok             : Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks untuk menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
Alokasi Waktu           : 2 pertemuan (4 JP)


KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
A.      Kompetensi Inti

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
1.1






Mensyukuri  kesempatan 
dapat mempelajari  bahasa 
Inggris  sebagai bahasa 
pengantar  komunikasi
internasional  yang 
diwujudkan  dalam semangat
belajar.
Menulis learning log yang mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan dapat belajar bahasa Inggris dan manfaatnya
2.
















3.



















4.
2.2
















3.3



















4.3











































Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, percaya diri, dan
bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi
transaksional dengan guru
dan teman.











Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks untuk menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.














Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.


























2.2.1    Bertanggung jawab atas tindakan anggotanya saat menjadi pemimpin kelompok

2.2.2    Mengakui ketika             membuat kesalahan

2.2.3    Tidak menyalahkan
            orang lain atas             tindakannya sendiri

2.2.4    Melakukan hal-hal yang             dikatakan akan             dikerjakan tanpa             diingatkan orang lain

3.3.1    Menentukan tujuan             komunikatif     teks     

3.3.2    Mengidentifikasi (preposition) yang menunjukkan  nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.

3.3.3    Mengidentifikasi             ungkapan atau pola             kalimat dalam teks

3.3.4    Mengidentifikasi             struktur teks

3.3.5    Mengidentifikasi unsur             kebahasaan dalam teks

4.3.1    Menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun secara lisan dengan akurat, lancar dan berterima

4.3.2    Menyatakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun secara lisan dengan akurat, lancer dan berterima.
4.3.3    Menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun secara tertulis dengan akurat, runtut dan berterima

4.3.4    Menyatakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun secara tertulis dengan akurat, runtut dan berterima

4.3.5    Menebak nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun yang dideskripsikan secara tertulis

4.3.6    Mendeskripsikan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun secara lisan dengan akurat, lancar dan berterima

4.3.7    Mendeskripsikan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun secara tertulis dengan akurat, runtut dan berterima


C.      Tujuan Pembelajaran  

Pertemuan Pertama
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
1.      Melafalkan nama-nama hari pada gambar tersebut secara lisan secara akurat, lancar dan berterima.
2.      Menebak nama hari dalam bahasa Ingrris pada gambar tersebut secara lisan secara akurat, lancar dan berterima.
3.      menanyakan nama hari dengan akurat, lancar/runtut dan berterima dalam kehidupan sehari-hari.
4.      menyatakan nama hari dengan akurat, lancar/runtut dan berterima dalam kehidupan sehari-hari.
5.      mendeskripsikan nama hari secara lisan dengan akurat, lancar dan berterima dalam kehidupan sehari-hari.
6.      mendeskripsikan nama hari secara tertulis dengan akurat, runtut dan berterima dalam kehidupan sehari-hari.
7.      menebak nama hari yang dimaksud dengan tepat bila diberikan kesempatan untuk mengidentifikasi beberapa nama hari.

Pertemuan Kedua
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
1.      dapat mengetahui dan selanjutnya melafalkan angka-angka dalam bahasa Inggris, minimal dari 1-60 (untuk keterangan waktu).
2.      mendeskripsikan nama waktu dalam bentuk angka tersebut dengan benar bila diberikan kesempatan untuk mengamati beberapa gambar jam,
3.      menuliskan nama waktu dalam bentuk angka dalam sebuah tabel bila diberikan kesempatan untuk mengamati beberapa gambar jam yang telah di berikan,
4.      mempresentasikan kegiatan sehari- hari dengan menggunakan nama waktu dalm bentuk angka dengan akurat, lancar dan berterima bila diberikan kesempatan untuk


D.      Materi Pembelajaran 

Pertemuan Pertama

Fungsi Sosial              :
Menyadari pentingnya nama hari untuk mengelola kehidupan manusia.

Struktur teks :
·       What day is it today? It’s Monday today. It is Tuesday tomorrow.
When do we have English?, dan semacamnya.
·        What day after Sunday?
What day before Saturday? After Sunday is Monday, dan semacamnya.
·    What time is it?
What time do we have English on Tuesday? one, two thirty, half past eight, a quarter to five, dan seterusnya
·       Preposition  (before, after)
·       Bentuk ungkapan pendek (It’s, I’m, dsb.)

Unsur Kebahasaan: 
·         Kata terkait hari (Sunday, Monday, Tuesday, Wednesday, Thursday, Friday, Saturday)
·         Kata kerja dalam simple present tense: be, have.
·         Kata tanya What?
·         Kata ganti it dan artikel the.
·         Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tulisan tangan yang rapi.

Topik:
Nama hari dalam seminggu.

Pertemuan Kedua

Fungsi Sosial              :
Menyadari pentingnya waktu untuk mengelola kehidupan manusia.

Struktur teks :
·         What time is it?
What time do we have English on Tuesday? one to thirty, half past eight, a quarter to five, dan seterusnya.
·         Could you tell me about your daily activity in the morning?
·         what time yo have take a bath?
·         what time you usually goes to school?

Unsur Kebahasaan: 
·         Kata kerja dalam simple present tense (be and have).
·         Kata tanya What, When, Where
·         Kata ganti it dan artikel the.
·         Cardinal number dan ordinal number
·         Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tulisan tangan yang rapi

Topik:
Jam.

E.       Metode Pembelajaran

1.         Metode Ilmiah
2.         Pembelajaran Kontekstual

F.       Sumber Belajar

1.         Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Bahasa Inggris, When English rings the bell. Jakarta: Politeknik Negri Media Kreatif. Hal. 29-54
2.         Lingkungan sekitar: Nama dan lokasi lingkungan sekitar sekolah dan rumah.

G.      Media Pembelajaran

        1.          Media: gambar orang dan benda
        2.          Alat dan bahan: jam dan kalender






H.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran     

Pertemuan Pertama

Pendahuluan  (10 menit )
1.Guru memberi salam (greeting);
2.Guru memeriksa kehadiran siswa;
3. Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses pembelajaran;
4.Guru memberi  motivasi  belajar  siswa  secara  kontekstual  sesuai  manfaat dan  aplikasi  materi  ajar  dalam  kehidupan  sehari-hari,  dengan memberikan  contoh  dan  perbandingan  lokal,  nasional  dan internasional;
5.Guru mengajukan tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
6. Guru menjelaskan tentang tujuan  pembelajaran  atau  kompetensi  dasar  yang  akan  dicapai;
7.Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai silabus.

Kegiatan inti (60 menit)
Mengamati
1.      Dengan bimbingan dan arahan guru, guru memberikan sebuah kalender dalam bahasa inggris lalu menjelaskan nama-nama hari dalam satu minggu kemudian mengucapkan nama-nama hari tersebut dengan pronunciation yang tepat.
Menanya
2.      Dengan bimbingan dan arahan guru, peserta didik mempertanyakan perbedaan kalimat menyebutkan dan menanyakan nama dalam bahasa Inggris, dan perbedaan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengumpulkan data/informasi
3.      Peserta didik menyebutkan nama hari dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
4.      Peserta didik berusaha menyebutkan dan menanyakan nama hari dalam bahasa Inggris selama proses pembelajaran
Mengasosiasi/Mengolah Informasi
5.      Peserta didik membandingkan antara menyebutkan dan menanyakan nama hari dalam bahasa ibu atau bahasa Indonesia.
Mengomunikasikan
6.      Peserta didik menyebutkan dan menanyakan nama hari dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas
7.      Peserta didik menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyebutkan dan menanyakan nama hari dalam jurnal belajarnya.
Mencipta
8. Peserta didik menuliskan deskripsi sangat sederhana tentang kegiatan mingguan.

Penutup (10 menit)
1.       Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan manfaat-manfaatnya.
2.      Peserta didik dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
3.      Peserta didik menerima tugas mandiri untuk menceritakan kegiatan sehari hari sebagai tindak lanjut kegiatan pembelajaran.
4.      Peserta didik memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
5.      Peserta didik dan guru mengucapkkan salam penutup.

Pertemuan Kedua

Pendahuluan (10 menit)
1.Guru memberi salam (greeting);
2.Guru memeriksa kehadiran siswa;
3.Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran;
4.Guru memberi  motivasi  belajar  siswa  secara  kontekstual  sesuai  manfaat dan  aplikasi  materi  ajar  dalam  kehidupan  sehari-hari,  dengan memberikan  contoh  dan  perbandingan  lokal,  nasional  dan internasional;
5.Guru mengajukan pertanyaan tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
6.Guru menjelaskan tentang tujuan  pembelajaran  atau  kompetensi  dasar  yang  akan dicapai;
7.Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai silabus.
a.                                                                               
Kegiatan Inti (60 menit)
Mengamati
1.Peserta didik mengamati sebuah tabel berisi angka dan melafalkan angka-angka dalam bahasa Inggris, minimal dari 1-60 (untuk keterangan waktu).

Menanya
2.      Dengan pertanyaan pengarah dari guru, peserta didik mempertanyakan tentang fungsi sosial, ungkapan dan struktur teks, unsur kebahasaan.

Mmengumpulkan data/informasi
3. Peserta didik membaca sebuah deskripsi tentang kegiatan sehari-hari berdasar pengarah dari guru dan  menirukan cara menceritakan kegiatan sehari hari.

Mengasosiasi/Mengolah informasi
4.      Dalam kerja kelompok terbimbing peserta didik mempelajari teks untuk dapat menyebutkan fungsi sosial, ungkapan dan struktur teks, unsur kebahasaan, serta format penulisan dari jenis teks yang sedang dipelajari.



Mengomunikasikan
5.    Peserta didik mempresentasikan pola ungkapan, unsur kebahasaan (kata yang terkait dengan waktu), ucapan, fungsi komunikasi dan struktur teks yang dihasilkan dalam kegiatan sebelumnya.

Mencipta
6.Peserta didik melakukan percakapan tentang kegiatan sehari-hari berdasarkan situasi yang diberikan oleh guru.

Penutup (10 menit)
1.Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan manfaat-manfaatnya.
2.Peserta didik dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
3.Peserta didik menerima tugas mandiri untuk menuliskan aktifitas di rumah sebagai tindak lanjut kegiatan.
4.Peserta didik memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
5.Peserta didik dan guru mengucapkan salam penutup.

I.         Penilaian

1.        Sikap spiritual

a.         Teknik Penilaian              : Tertulis
b.         Bentuk Instrumen           : Learning Journal
c.         Kisi-kisi                           :

No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
1.
Menulis learning log tentang kesyukuran berkesempatan belajar Bahasa Inggris
Lampiran 1

d.        Instrumen: lihat Lampiran ...

e.         Rubrik Penilaian Sikap Spiritual
No
Indikator
Skor
1
Menggunakan 8 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
5
2
Menggunakan 6 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
4
3
Menggunakan 4 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
3
4
Menggunakan 4 kata positif tanpa kata “God” dan “Thank”
2
5
Menggunakan kurang dari 4 kata positif tanpa kata “God” dan “Thank”
1



f.          Pedoman Pensekoran:


Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.66
3.66
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1

2.         Sikap sosial

a.         Teknik Penilaian       : Penilaian sejawat (antar teman)
b.        Bentuk Instrumen    : Lembar Peer Assessment
c.         Kisi-kisi                    :

No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
  1.  
Memberikan penilaian terhadap teman tentang nilai  tanggung jawab
Lampiran Penilaian Sikap 1-3

d.        Instrumen: lihat Lampiran ...
e.         Rubrik Penilaian Sikap Sosial
Keterangan:
Description: Normal.jpg 
= 2 ALWAYS
Description: Happy.jpg





 = 1 often



Description: Sad.jpg
 
                                      = 0,5
                     seldom


Description: Happy.jpg
 
Contoh: Mencentang            untuk seluruh pernyataan.
Description: Happy.jpgDescription: Happy.jpgDescription: Happy.jpg                                                     
                                                                        = 2 + 2 + 2 = Skor 6
                     Bila mencentang:







Description: Happy.jpg


Description: Happy.jpg
Description: Normal.jpg

 
                                                                        = 2 + 2 + 1 = Skor 5, dst.

                     Bila mencentang:
Description: Sad.jpgDescription: Normal.jpgDescription: Happy.jpg                                                                        = 2 + 1 + 0,5 = Skor 3,5
                                                           
f.         Pedoman Penskoran


Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.66
3.66
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1

3.         Pengetahuan

a.         Teknik Penilaian       : Tes Tertulis
b.        Bentuk Instrumen    : Pilihan Ganda
c.         Kisi-kisi                    :

No.
Indikator
Butir Instrumen
  1.  
Disajikan teks bergambar tentang nama hari, nama waktu dalam hari dan waktu dalam bentuk angka siswa dapat menentukan fungsi sosialnya dengan benar.
Soal No. 1
  1.  
Disajikan dialog tentang nama hari, nama waktu dalam hari dan waktu dalam bentuk angka siswa dapat menentukan fungsi sosialnya dengan benar.
Soal No. 2
  1.  
Disajikan sebuah kalimat dengan beberapa kata digarisbawahi, siswa dapat menentukan jawaban dengan tepat
Soal No. 3
  1.  
Disajikan pertanyaan yang mengandung waktu dalam bentuk angka, siswa dapat menentukan gambarnya dengan tepat.
Soal No. 4
  1.  
Disajikan sebuah kalimat tidak lengkap dan gambar yang relevan, siswa dapat melengkapinya dengan kata  yang tepat.
Soal No. 5
d.         Instrumen: lihat Lampiran ...
e.         Pedoman penskoran: Setiap jawaban benar diberi skor 1 (satu)





Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.66
3.66
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1

4.         Keterampilan
a.         Teknik Penilaian            : Unjuk Kerja
b.        Bentuk Instrumen          : Tes Keterampilan Menulis, Membaca dan                                                      berbicara
c.         Kisi-kisi:

No.
Keterampilan/Indikator
Butir Instrumen
Menulis

  1.  
Disajikan sebuah jawaban e-mail singkat tentang menyatakan dan menanyakan nama hari, nama waktu dalam hari dan waktu dalam bentuk angka, siswa dapat menuliskan e-mail singkat pertanyaannya dengan akurat, runtut dan berterima.
Soal No. 6
  1.  
Disajikan sebuah petanyaan e-mail singkat tentang menyatakan dan menanyakan nama hari, nama waktu dalam hari dan waktu dalam bentuk angka, siswa dapat menuliskan e-mail singkat jawabannya dengan akurat, runtut dan berterima.
Soal No. 7
  1.  
Disajikan sebuah dialog tentang menyatakan dan menanyakan nama hari, nama waktu dalam hari dan waktu dalam bentuk angka, serta 4 (empat) buah gambar, siswa dapat menentukan salah satu gambar yang dideskripsikan dengan tepat.
Soal No. 8
  1.  
Diperdengarkan sebuah dialog tentang menyatakan dan menanyakan nama hari, nama waktu dalam hari dan waktu dalam bentuk angka serta 4 (empat) buah gambar, siswa dapat menentukan salah satu gambar yang dideskripsikan dengan tepat.
Soal No. 9
  1.  
Diperdengarkan sebuah dialog tentang menyatakan dan menanyakan nama hari, nama waktu dalam hari dan waktu dalam bentuk angka serta 4 (empat) buah gambar, siswa dapat menentukan salah satu gambar yang dideskripsikan dengan tepat.
Soal No. 10
  1.  
Disajikan sebuah situasi sederhana, siswa dapat menanyakan nama hari, nama waktu dalam hari dan waktu dalam bentuk angka dengan lancar, runtut dan berterima.
Soal No. A.1
  1.  
Disajikan sebuah situasi sederhana, siswa dapat
Menyatakan nama hari, nama waktu dalam hari dan waktu dalam bentuk angka dengan lancar, runtut dan berterima.
Soal No. A.2
  1.  
Siswa dapat mendeskripsikan kegiatan sekolah dan meminta teman lain untuk menebaknya dengan akurat, lancar dan berterima.
Soal No. A.3
  1.  
Siswa dapat mendeskripsikan hari kesayangannya secara lisan di depan kelas dengan akurat, lancar dan berterima.
Soal No. A.4
  1.  
Siswa dapat menuliskan deskripsi rutinitas sehari –hari dalam bentuk teks sangat sederhana secrata akurat, runtut dan berterima.
Soal No. B

d.        Instrumen: lihat Lampiran ...

e.         Rubrik Tes Keterampilan Menulis (Soal No. 6 dan 7)
No
Aspek yang Dinilai
Kriteria
Skor
1
Kesesuaian isi dengan tujuan penulisan pesan
100% isi sesuai
5
80% isi sesuai
4
60% isi sesuai
3
40% isi sesuai
2
20% isi sesuai
1
2
Pilihan kata
100% pilihan kata tepat
5
80%  pilihan kata tepat
4
60%  pilihan kata tepat
3
40%  pilihan kata tepat
2
20%  pilihan kata tepat
1
3
Penulisan kosa kata
100% penulisan kosa kata tepat
5
80% penulisan kosa kata tepat
4
60% penulisan kosa kata tepat
3
40% penulisan kosa kata tepat
2
20% penulisan kosa kata tepat
1
4
Ketepatan tata bahasa
100% penggunaan tata bahasa  tepat
5
80%  penggunaan tata bahasa  tepat
4
60%  penggunaan tata bahasa  tepat
3
40%  penggunaan tata bahasa  tepat
2
20%  penggunaan tata bahasa  tepat
1


f.         Cara penilaian
g.        Pedoman Penskoran


Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.66
3.66
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1

h.        Konversi keterampilan membaca dan mendengarkan, soal No. 8 – 10.
Setiap jawaban benar diberi skor 1 (satu)


Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.66
3.66
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1

i.          Rubrik untuk penilaian keterampilan berbicara Lampiran 4 Part Three, bagian A.

ASPEK
KETERANGAN
SKOR




Pelafalan
·         Sangat jelas sehingga mudah dipahami
·         Mudah dipahami meskipun pengaruh bahasa ibu dapat dideteksi
·         Ada masalah pengucapan sehingga pendengar perlu  konsentrasi penuh
·         Ada masalah pengucapan yang serius sehingga tidak bisa dipahami
4
3

2

1
Tatabahasa
·         Tidak ada atau sedikit kesalahan tatabahasa
·         Kadang-kadang ada kesalahan tetapi tidak mempengaruhi makna
·         Sering membuat kesalahan sehingga makna sulit dipahami
·         Kesalahan tatabahasa sangat parah sehingga tidak bisa dipahami
4
3

2

1
Kosakata
·         Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat
·         Kadang-kadang menggunakan kosakata yang kurang tepat sehingga harus menjelaskan lagi
·         Sering menggunakan kosakata yang tidak tepat
·         Kosakata sangat terbatas sehingga percakapan tidak mungkin terjadi
4
3

2
1
Kelancaran
·         Sangat lancar.
·         Kelancaran sedikit terganggu oleh masalah bahasa
·         Sering ragu-ragu dan terhenti karena keterbatasan bahasa
·         Bicara terputus-putus dan terhenti sehingga percakapan tidak mungkin terjadi.
4
3
2

1


j.          Pedoman Penskoran:


Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.66
3.66
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1

k.        Rubrik untuk penilaian keterampilan menulis Lampiran 4 Part Three, bagian B.
No
Aspek yang Dinilai
Kriteria
Skor
1
Kesesuaian isi dengan tujuan penulisan pesan
100% isi sesuai
5
80% isi sesuai
4
60% isi sesuai
3
40% isi sesuai
2
20% isi sesuai
1
2
Pilihan kata
100% pilihan kata tepat
5
80%  pilihan kata tepat
4
60%  pilihan kata tepat
3
40%  pilihan kata tepat
2
20%  pilihan kata tepat
1
3
Keterpaduan kalimat
100% kalimat terpadu dan runtut
5
80%   kalimat terpadu dan runtut
4
60%   kalimat terpadu dan runtut
3
40%   kalimat terpadu dan runtut
2


20%   kalimat terpadu dan runtut
1
4
Penulisan kosa kata
100% penulisan kosa kata tepat
5


80% penulisan kosa kata tepat
4


60% penulisan kosa kata tepat
3


40% penulisan kosa kata tepat
2


20% penulisan kosa kata tepat
1
5
Ketepatan tata bahasa
100% penggunaan tata bahasa  tepat
5


80%  penggunaan tata bahasa  tepat
4


60%  penggunaan tata bahasa  tepat
3


40%  penggunaan tata bahasa  tepat
2


20%  penggunaan tata bahasa  tepat
1
6
Originalitas penulisan
100% tulisan hasil pemikiran sendiri
5


80%   tulisan hasil pemikiran sendiri
4


60%   tulisan hasil pemikiran sendiri
3


40%   tulisan hasil pemikiran sendiri
2


20%   tulisan hasil pemikiran sendiri
1










l.                PedomanI. Pedoman  Peskoran:


Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.66
3.66
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1



Kediri, 9 – Mei - 2014



Pembimbing                                                                            Mahasiswa                                                                             




Dra. DYAH MUSTIKA, M.Pd.                                             ANNI SAUL KHOIRIYAH                        
NPM: 11.1.01.08.0023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar